Senin, 05 Maret 2018

Camping Kop-kopan Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Via Tretes

CAMPING CERIA KOP-KOPAN
JALUR PENDAKIAN ARJUNO–WELIRANG VIA TRETES

          Gunung welirang @Mojokerto 19-20 Nopember. Setelah bulan September lalu saya mendaki Gunung Arjuno Via Tretes sekarang giliran mendaki Gunung Welirang Via Tretes juga. Gunung-Arjuno welirang berada pada satu punggungan gunung dan memiliki jalur pendakian yang sama. Kali ini pendakian saya bersama poleng dan iza.
          Siang hari selepas pulang ngajar dari sekolah, langsung nyiapin peralatan sembari menunggu anak-anak itu datang. Dari target jam 1 berangkat ternyata jam 2 mereka baru datang ke rumah. Memang anak muda jaman sekarang hobynya emang telat aja. Setelah semua sudah kumpul dan briefing sebentar akhirnya jam 2 berangkat menuju Base camp Arjuno-welirang di tretes. Sampai di lokasi base camp jam 4, langsung melakukan pendaftaran dan mulai pendakian, karena nanti keburu malam.
Base camp – Pos 1 (Pet bocor)
          Dari pos base camp menuju pos 1 Pet bocor membutuhkan waktu setengah jam, jam 16.45 kami sampai di pet bocor. Awal pendakian jalur langsung menanjak dengan melewati jalur batu yang tertata rapi, lumayan lah buat pemanasan awal ini. Setelah melewati jalur batu kita akan sampai di pertigaan jalan, kalau belok kanan kembali turun menuju air terjun kakek bodo dan belok kiri menuju Pet bocor. Dari sini jalanan mulai berganti menjadi paving dan masih landai. Di pet bocor tersedia sumber air dan warung makan, jadi yang belum sempat mengisi air bisa dilakukan di sini.
Jalur-paving-petbocor.jpg
Jalur Paving Menuju Pet Bocor
Pet-bocor1.jpg
Pos 1 Pet Bocor
Pet-bocor2.jpg
Pet Bocor
Pos 1 (Pet bocor) – Pos 2 (Kop-kopan) 4 Jam 30 Menit
          Setelah melewati pos 1, jalur yang kita lewati masih berupa cor-coran mulus sampai pintu gerbang. Setelah itu jalur yang kita lalui sampai di kop-kopan adalah bebatuan dengan tanjakan tanpa henti. Disinilah kekuatan fisik dan nafas kita diuji, sebentar sebentar harus berhenti untuk menata nafas. Matahari sudah kembali ke tempatnya, jalur pendakian mulai gelap. Kami berhenti sebentar untuk menyalakan lampu sambil beristirahat. Tanjakan tanpa henti terus dilalui, kelokan demi kelokan tapi belum sampai-sampai juga. Di sinilah temen-temen mulai terlihat kelelahan, saya yang sudah pernah mendaki arjuno via tretes dulu masih terlihat santai aja karena sudah tau situasi jalannya. Semangat terus saya berikan pada mereka karena sudah mulai dekat dengan pos 2, tandanya adalah jarang terlihat pohon-pohon lebat di sepanjang jalur dan suara gemercik air sudah terdengar. Berarti kita sudah berada di punggungan gunung yang terbuka, pemandangan gunung penanggungan terlihat jelas dari sini.
          Aroma mie instan sudah tercium, makanan favorit bagi para pendaki yang kelaparan. Dengan langkah yang terlihat letih poleng dan iza terus berjalan menuju kop-kopan. Saya mulai berfikir disini, dengan kondisi seperti ini sebaiknya camping saja di kop-kopan tidak usah meneruskan perjalanan menuju puncak welirang. Karena baru sampai kop-kopan saja wajah mereka sudah terlihat pucat, padahal ini baru seperempat jalan menuju puncak. Jam 20.15 akhirnya sampai di kop-kopan, empat setengah jam kami lalui untuk sampai di kop-kopan. Di kop-kopan juga tersedia warung makan dan sumber air yang melimpah, karena ada sungai yang jernih mengalir di sebelah lokasi camp.
          Setelah sampai mereka ku ajak rapat dulu, dan keputusan terakir adalah camping di kop-kopan karena kondisi badan keduanya sudah tidak kuat untuk diajak naik ke puncak welirang. Sebagai leader yang baik harus sadar sama keadaan mereka, dari pada dipaksa malah berbahaya. Setelah istirahat 15 menitan saatnya bekerja kembali, malam itu lokasi di kop-kopan penuh. Perlu waktu lama untuk mencari tempat mendirikan tenda, akhirnya nemu juga tempat yang enak. Lokasinya strategis langsung berhadapan dengan gunung penanggungan dan kota mojokerto, dengan rumput di bawah tenda membuat tidur lebih empuk seperti spring bed.
Kerlap-kerlip Lampu Kota

kopkopan-lampukota.jpg
Ayo Piknik

Meluruskan-kaki-pegal-kopkopan.jpg
Meluruskan Kaki-kaki Yang Pegal
         Jam 4.25 pagi, kondisi semakin ramai dengan para pendaki yang hendak melihat sunrise. Karena lokasi kami langsung menghadap ke kota dan luasnya langit, tanpa keluar tenda saja sudah bisa menikmati sunrise pagi ini. Karena yang lain dibangunin masih pada tetep tidur, saya menikmati  sendiri pemandangan ini.
Sunrise-kopkopan.jpg
Matahari Pagi Akan Segera Menampakan Diri
Tidur-di-kopkopan.jpg
Masih Molor Aja
Siluet-kopkopan.jpg
Gelapppp

        Jam 6 mereka mulai bangun dan gua ajak buat nyari spot foto yang bagus biar kagak rugi jalan sampai di sini.
Penanggungan-dari-kopkopan.jpg
Penanggungan Di Kejauhan Sana
Aksi-di-kopkopan.jpg
Ngapain Bang

Kopkopan-terlihat-penanggungan.jpg
Lagek Tangi Langsong Jalok Foto
         Setelah puas ambil foto, kini giliran mengisi tenaga sebelum turun gunung. Mie instan tetap jadi makanan favorit pengisi tenaga. Saatnya sarapan pagi ditemani tenda warna-warni.
Bersantai-di-kopkopan.jpg
Perut Kenyang Saatnya Bersantai

Tempat-berlindung-dinginnya-kopkopan.jpg
Tempat Berlindung Dari Dinginnya Malam

Siang hari kop-kopan suda terlihat sepi karena sudah banyak pendaki yang turun.
Squad-kukuruyukk-di-kopkopan.jpg
Squad Kukuruyuk

Tenda-sepi-kopkopan.jpg
Pagi Tadi Masih Banyak Tenda Sekarang Sepi
          Jam 11 mulai dari turun gunung, ketika turun banyak sekali pintasan untuk memotong jalur pendakian yang berbatu. Di waktu turun kita melewati jalur hutan, petunjuk jalur di sini terlihat dengan jelas. Tapi saat naik disarankan tidak naik lewat sini karena jalurnya berat saat naik. Jalur tanah membuat kaki tidak cepat pegal, berbeda dengan jalur batu yang bikin kaki cepat pegal.
 
Menerobos-jalur-hutan-kopkopan.jpg
Menerobos Jalur Lewat Hutan


Jangan-lupa-sampahnya.jpg
Bawa Pulang Sampah mu

          Saat turun hanya membutuhkan waktu 3 jam saja sampai di pos pet bocor, di pet bocor kami sempatkan untuk membeli minuman sambil beristirahat. Setelah beristirahat kami langsung turun ke base camp dan pulang menuju base camp awal yaitu rumah.

Itenary Pendakian Kop-Kopan Via Tretes
Pos perijinan – Pos 1 (Pet bocor)                    : 30 menit
Pos 1 ( Pet bocor – Pos 2 (kop-kopan)            : 4 jam 30 menit
Waktu pendakian ini berdasarkan pengalaman admin pribadi, jadi soal lebih cepat atau lebih lambatnya waktu pendakian tergantung kondisi fisik masing-masing dan lamanya beristirahat.

6 komentar: